Sabtu, 27 November 2010

Tips Untuk Merawat Laptop

Laptop adalah pengganti komputer, Laptop sangat praktis untuk digunakan. Barang yang kecil dapat dibawa kemana saja. Namun apakah Anda tau bahwa laptop adalah barang yang juga rentan jika dipergunakan. Mungkin tips merawat laptop agar awet dibawah ini dapat membantu memecahkan solusi dan problem Anda pada kepemilikan barang Anda tersebut.

Laptop yang Awet
Barang seperti apapun itu, jika kotor. Hal tersebut adalah cerminan pemiliknya, jika barang Anda kotor tercermin bahwa pemiliknya juga jorok dan malas untuk membersihkannya. Mulai saat ini, ubahlah perilaku malas Anda tersebut.
Walaupun sejatinya laptop dapat dibersihkan dengan cara diservis, alangkah baiknya jika Anda menghemat uang untuk membersihkan laptop Anda tersebut. Anda dapat membeli barang yang lain bukan? Tapi tunggu dulu, apakah Anda faham cara membersihkan laptop? Tips merawat laptop agar awet, dapat membantu Anda dalam memecahkan solusi di atas.

* Jauhkan barang-barang yang berbahaya dari laptop Anda, contohnya Magnet, karena Magnet dapat membuat system data Anda menjadi error juga layar LCD anda jadi berubah grafisnya.

* Jangan membersihkan layar LCD anda dengan cara menyemprotkan cairan pembersih langsung, ini akan berdampak buruk pada layar monitor Anda. Semprotkan cairan tersebut pada sponge atau pada kain katun lalu usapkan pada layar monitor Anda. Untuk keyboard, bersihkanlah dengan kapas halus dan cotton buds di sela-sela keyboard.

* Walaupun yang Anda rawat adalah Hardware, tidak ada salahnya juga jika Anda merawat softwarenya pula. Download antivirus jika Anda sering kali melakukan browsing internet, lakukan update antivirus tersebut minimal sebulan sekali. Lindungi data Anda sesering mungkin.

* Belilah hardisk internal untuk backup data-data Anda. Lakukan backup data seminggu sekali. Jika suatu hari nanti laptop Anda mengalami kerusakan, maka data Anda akan aman berada dalam hardisk internal tersebut.

* Jika memasukkan Flashdisk atau benda inputan dari luar, sebaiknya di scan terlebih dahulu agar virus berbahaya tidak masuk ke dalam system laptop Anda.

* Belilah ‘Surge protector’ untuk menstabilkan tegangan pada laptop Anda. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya tegangan ketika listrik mati mendadak.

* Jangan pernah ‘sok tau’ dalam membetulkan laptop walaupun kerusakannya sekecil apapun, karena laptop bukan barang yang mudah untuk dibongkar pasang. Segeralah untuk mendatangi counter yang khusus dalam perawatan laptop tersebut.

* Belilah meja khusus untuk meletakkan laptop Anda, jika laptop Anda terguncang-guncang, maka hal ini dapat membahayakan hardisk di dalamnya. Permukaan yang datar dapat menstabilkan goncangan.

* Belilah tas pelindung laptop yang berbahan dasar katun, katun adalah kain yang dapat menstabilkan panas pada laptop Anda.

SUMBER : http://gratisanlounge.blogspot.com/2010/11/8-tips-trik-membersihkan-laptop-agar.html

0 komentar:

Posting Komentar