Kamis, 17 Maret 2011

Struktur Pasar (Resume)

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.

Jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna
> Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
> Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
> Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
> Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama.
> Bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga.

Seperti yg kita ketahui, banyak sekali perusahaan yg bergerak di bidang pemerintah dan swasta yg masuk ke dalam pasar monopoli. Sebetulnya monopoli itu justru mempersulit para konsumen yg kebanyakan kalangan menengah kebawah karna yg "para dalang" yg memonopoli semua ini adalah orang-orang yg memiliki kekuasaan dan materi yg tidak sedikit. Contohnya PLN, POS dan Jasamarga yg notabene perusahaan yg banyak dari kita sangat memerlukan jasa mereka

0 komentar:

Posting Komentar