Minggu, 30 Oktober 2011

Istilah-istilah ilmiah dalam dunia IT

Istilah-istilah ilmiah dalam dunia IT

A
Autorun: adalah sebuah window yg akan keluar ketika anda menghubungkan sebuah media penyimpanan portable seperti flashdisk, memory card, card reader, hardisk eksternal, ke computer atau notebook.
Access Time: Istilah untuk mengukur kecepatan akses pada media penyimpanan maupun memory. Access time pada Hard Disk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memoy menggunakan satuan nanodetik.
Algoritma: Alur logika berpikir manusia yang ditransformasikan kedalam langkah-langkah yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk baris-baris perintah dalam bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.
AGP: Accelerated Graphics Port. Interface yang dikembangkan oleh Intel untuk mendukung pengolahan grafis berkecepatan tinggi pada processor Pentium II dan diatasnya.
Adapter: rangkaian atau interface dalam computer yg dapat digunakan sebagai penghubung ke alat peripheral.


B
Bug: Istilah untuk suatu cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Bit/Binary Digit: satuan informasi terkecil yg ditangani computer terdiri dari sebuah besaran yg memiliki nilai antara 0 atau 1.
Bandwidth: Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
Bps: Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.
Byte: Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.


C
CPU: Central Processing Unit. Unit pemroses sentral pada sebuah komputer. Dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada processor yang terpasang dalam sebuah sistem komputer.
Cracker : Seseorang yang membuat program untuk menembus sistem keamanan atau sistem komputer secara ilegal.
Cache: Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah.
Compiler: sebuah program yg menerjemahkan seluruh kode sumber suatu program yg ditulis dalam bahasa program tingkat tingi ke dalam kode objek sebelum program dieksekusi.
Crash: kegagalan secara tiba-tiba biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti harddisk.


D
Database: Basis data. Sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file.
Disket: piringan kecil, pipih berlapis bahan magnet dipakai sebagai penyimpan data pada computer
Dial-Up : Jenis komunikasi antarkomputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem.
Download : Menyalin file atau program dari situs internet ke media penyimpanan lain seperti flashdisk.
Downstream: Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network.


E
E-payment : pembayaran melalui media Internet.
Ethernet: Protokol yang biasa digunakan dalam LAN.
EISA: Extended Industry Standard Architecture. Arsitektur standar yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan komputer (Compaq, AST, Zenith, Tandy, dll) untuk standarisasi operasi 32 bit.
Email: Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.


F
FTP : File Transfer Protocol, yaitu protokol standar untuk kegiatan lalu lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan Internet.
Flowchart : Salah satu tool untuk mereferensikan algoritma.
File: Dalam terminologi komputer, istilah ini megandung pengertian sebagai berkas elektronis yang berisi informasi dan ditempatkan dalam sebuah storage.
FSB: Front Side Bus. Kecepatan bus dari sistem pada mainboard. Sebagai contoh, processor Pentium 4 memiliki FSB sebesar 400 MHz (4 x 100 MHz).
Firewall: Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.


G
Gateway : Sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuahsistem lain yang terhubung dalam sebuah network.
GUI: Graphical User Interface. Istilah untuk menyebut tampilan pada program yang berbasis grafis.
GPRS: General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.


H
Hardware: Perangkat keras. Pengertian ini mencakup seluruh perangkat peripheral beserta perangkat pendukungnya dalam sebuah sistem komputer.
Hacker: Seseorang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem.
HTML : Hyper Text Markup Language yaitu bahasa pemograman untuk membuat web. Salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.
Host: Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.
HTTP: Hyper Text Transfer Protocol. Protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.


I
Install: pemasangan suatu aplikasi atau program pada system operasi computer.
ISP : Internet service Provider, yaitu perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan internet.
Interface: Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.
Intranet: Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.
IP Address: Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.


K
Komputer: alat elektronik otomatis yg dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yg diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan
Koneksi: hubungan yg dapat memudahkan (melancarkan) segala urusan (kegiatan)
Keyboard: papan tombol yg digunakan untuk mengetik
Kompresi: Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya.
L
LBA: Logical Block Address. Adalah salah satu cara pengalamatan (addressing) sector pada harddisk yang menggunakan metode berupa penomoran dimulai dari 0 sebagai alamat sector pertama pada harddisk.
Linux: adalah sebuah sistem operasi open source varian UNIX yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL).
LAN: Local Area Network. Sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dalam lingkup lokal (tidak bisa diakses oleh jaringan lain). Beberapa jaringan LAN dapat dihubungkan melalui suatu Hirarki tertentu hingga membentuk WAN (Wide Area Network).
Leased Line: Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.
Login: Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).


M
Memori: peranti komputer yg dapat menyimpan dan merekam informasi.
Modem: alat modulator dan demodulator yg terpasang pd telepon untuk mengubah informasi digital ke dalam bentuk suara dan sebaliknya
Monitor: alat untuk memantau (seperti alat penerima yg digunakan untuk melihat gambar yg diambil oleh kamera televisi, alat untuk mengamati kondisi atau fungsi biologis, alat yg memantau kerja suatu sistem, terutama sistem computer).
Mainboard: Juga biasa disebut motherboard, adalah papan rangkaian utama pada komputer dimana Processor, memory dan peripheral-peripheral lainnya terpasang.
MIDI: Musical Instrument Digital Interface. Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus.


N
Netter : Seorang atau organisasi yang menggunakan Internet.
Network: Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan.
NNTP : Network News Transfer Protocol. protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news.
Node: Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.


O
OOP: Object Oriented Programming. Teknik pemrograman yang berorientasi pada objek.
Open Source: Software yang didistribusikan beserta dengan kode sumbernya (souce code) Software ini bebas dimodifikasi oleh user sesuai dengan kebutuhannya.


P
Program: urutan perintah yg diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu
Proxy Server : Server yang menjembatani komputer-komputer dalam suatu jaringan agar terhubung dengan internet.
Pascal: Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer.
Port: Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti ekternal, seperti printer atau modem.
Prolog - Programming in Logic. Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh ilmuwan Prancis pada era 1970-an. Bahasa Prolog biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan knowledge processing, semacam sistem pakar, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).


R
RAM: Random Access Memory. Memory fisik yang terpasang pada PC.
ROM: Read Only Memory. Juga dikenal sebagai memori statik, yaitu memori fisik yang bersifat hanya-baca. Dalam komputer, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS.
RISC: Reduced Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang lebih ringkas dibandingkan dengan CISC.


S
Software: Perangkat lunak. Pengertian ini juga mencakup sebuah program yang dibuat untuk dijalankan pada hardware tertentu.
SQL: Structured Query Language. Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengirimkan suatu perintah query (pengaksesan data berdasarkan pengalamatan tertentu) terhadap sebuah database. Storage: Media penyimpanan data pada komputer. Storage dibedakan menjadi removable storage, yaitu media penyimpan data yang dapat dipindah sewaktu-waktu, dan non-removable storage, yaitu media penyimpanan yang bersifat tetap
Server - Komputer yang bertugas sebagai "pelayan" jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya.
Spam : Pesan tidak di inginkan yang masuk ke alamat e-mail.



T
TCP/IP : Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya.
Telnet: Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote-host dengan terminal yang berbasis teks
Trojan horse: Sebuah program komputer yang mengandung rutin-rutin tersembunyi, biasanya bersifat merusak, yang berjalan di latar belakang saat program utama dijalankan. Walaupun bekerjanya mirip dengan virus, namun trojan horse (biasanya) tidak dirancang untuk menginfeksi sebuah program.


U
Upload : Mengirim file atau program dari komputer lokal ke komputer sistem jaringan internet.
UNIX: Merupakan salah satu sistem operasi yang populer untuk server saat ini. UNIX dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sekitar tahun 1969 di AT&T Bell Laboratories.
USB: Universal Serial Bus. Teknologi yang memungkinkan pemasangan peripheral secara mudah dengan bandwidth yang lebih besar daripada port serial atau paralel.
Upgrade: Istilah untuk tindakan penggantian sebagian atau keseluruhan perangkat sistem dengan perangkat sejenis yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.
Upstream: Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network.


V
Virus: program ilegal yg dimasukkan ke dl sistem komputer melalui jaringan atau usb sehingga menyebar dan dapat merusak program yg ada
VLB: Vesa Local Bus. Adalah ekstensi 32 bit yang memiliki kecepatan tinggi untuk ISA. VLB dipromosikan oleh VESA (Video Electronic Standard Association).
VOIP: Voice over IP. VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).
VPN: Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan).


W
WAP : Wireless Application Protocol. Protokol yang digunakan pada handphone atau PDA untuk mengakses internet dengan format text.
Worm: Sejenis virus komputer yang tidak menginfeksi sebuah program. Worm menduplikasi dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya dengan memanfaatkan jaringan komputer).
World Wide Web: WWW. Yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.
Webmail: Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.
WML: Wireless Markup Language. Salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk dipakai pada protokol WAP.


X
XT: Extended Technologi. Istilah untuk komputer yang menggunakan processor Intel 8086/8088.
XML: Extensible Markup Language. Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web.

0 komentar:

Posting Komentar