Kamis, 07 April 2011

Uang, Bank dan Penciptaan Uang (Resume)

Uang merupakan alat pembayaran yang berlaku sekarang untuk semua transaksi jual-beli baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada awalnya manusia mengenal sistem barter untuk saling tukar menukar barang. Tapi karna nilai barang tersebut tidak seimbang, maka manusia membuat uang sebagai alat tukar, satuan hitung dan penyimpanan nilai.
Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang dan menerbitkan uang. Fungsi bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Yaitu, pertama sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efisien bagi nasabah. Yang kedua, dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank dapat meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif.
Bank Indonesia setiap mencetak uang, pasti mempunyai perhitungan tersendiri seberapa banyak uang yg akan dicetak dan seberapa banyak uang yang akan dikembalikan untuk ditukar kembali.

0 komentar:

Posting Komentar