Jumat, 08 Maret 2013

Tujuan mempelajari Sistem Informasi Geografis

4. SIG (Sistem Informasi Geografis), apa yang Anda harapkan dari mempelajari Mata Kuliah ini?
Jawaban :
Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini. Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.
Yang saya harapkan dari mempelajari tentang Sistem Informasi Geografis adalah :
- Dapat mengetahui lebih banyak tentang seluk beluk penggunaan SIG pada dunia nyata.
- Dapat mempelajari tentang software yang terkait dalam SIG tersebut.
- Dapat memahami cara kerja sistem dari SIG sendiri.
- Dapat mempraktikan secara langsung dari proses awal system hingga ke proses akhir SIG.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah info blognya sangat membantu. Sekarang jadi ada pandangan kedepan tujuan dari pembelajaran GIS ini :)
Kunjungi blog saya juga kak https://felix.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
thx info :D
+website kampus saya www.atmaluhur.ac.id :)

Unknown mengatakan...

Keren. Ini sangat bermanfaat dan membantu dalam mempelajari GIS. Terutama untuk saya yang masih baru dalam mempelajari ilmu GIS ini. Di tunggu jika ada tulisan GIS lainnya.

dan tolong kunjungi website saya => http://markha-sa.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ serta website kampus => www.atmaluhur.ac.id

Terima Kasih. :D

Hafizzul Akbar mengatakan...

artikel nya sangat bagus terimakasih saya jadi makkin tentang mempelajari sig
silahkan kunjungi website saya:http://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/hafizzul-akbar/beranda
dan website kampus saya:http://www.atmaluhur.ac.id/

Anonim mengatakan...

sdfsgdgzd

Posting Komentar