Sabtu, 16 Maret 2013

Cara Mencari Lokasi Geografis (Lintang & Bujur) Suatu Tempat


Tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Georafis kali ini yaitu tentang bagaimana cara kami mendapatkan informasi tentang lokasi geografis (garis lintang & garis bujur) dari sekolah SMA kami masing-masing. Dulu saya sempat bersekolah di SMK Karya Teladan, Pasar Minggu. Setelah saya mencoba-coba Google Maps, akhirnya saya menemukan caranya untuk mengetahui garis lintang dan garis bujur dari lokasi SMK saya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Silahkan buka situs https://maps.google.com/ dari browser anda.
2. Ketik nama lokasi atau tempat yang dimaksud pada field pencarian. Kali ini saya memasukkan nama SMK Karya Teladan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dapat dilihat pada gambar berikut :


3. Klik kanan tepat pada simbol A yang berwarna merah dan bernama SMK Karya Teladan, lalu pilih What’s here?. Dapat dilihat pada gambar berikut :


4. Setelah itu secara otomatis akan tampil titik koordinat Lintang & Bujur dari SMK Karya Teladan pada field pencarian yang sebelumnya tertulis “SMK Karya Teladan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan” dan kini berubah menjadi “-6.258063, 106.843017”. Itu artinya, SMK Karya Teladan terletak pada titik Lintang -6.258063 dan Bujur 106.843017. Dapat dilihat pada gambar berikut :


Disini saya akan memberi catatan sedikit mengenai pencarian titik koordinatnya. Yaitu jika kita menggeser sedikit saja kursor dari titik pusat yang kita cari, maka berbeda pula hasil akhir titik koordinatnya. Tanpa kita sadari jika kita mencari ulang titik koordinatnya dari tahap awal, dan kita tidak meng-klik pada bagian yang sama, pasti titik Lintang & Bujur terjadi perubahan dibanding percobaan sebelumnya. Oleh karena itu, usahakan mencari titik terdekat yang sesuai dengan perkiraan kita.
Sekian tutorial tentang pencarian titik koordinat Lintang & Bujur suatu tempat atau lokasi. Mohon maaf jika ada kesalahan pada tahap-tahapnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sipp, Sekarang sudh bisa kalau di suruh dosen cari lokasi geografis tempat :D
kunjungi juga blog saya kak https://felix.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
+ website kampus juga www.atmaluhur.ac.id :D
thx info dan tutorialnya kak :)

Unknown mengatakan...

mantap. Sangat Bermanfaat dan membantu. terutama bagi saya yang masih baru di dalam mempelajari gis.

dan tolong kunjungi juga website saya => http://markha-sa.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus => www.atmaluhur.ac.id

Terima Kasih :D

Posting Komentar