Sabtu, 02 Oktober 2010

Tugas 1 IBD : “KEBUDAYAAN INDONESIA”

Assalamu’alaikum.. perkenalkan nama saya Arini, saya mahasiswi jurusan Sistem Informasi. Saya lahir di Jakarta tepatnya di daerah Kebon Baru, Tebet. Pada tanggal 6 Juni 1991 saya dilahirkan. Saya anak tunggal dari keluarga yg sederhana. Kalau mau tau profil saya bisa dilihat di http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&id=1375138383#!/profile.php?ref=profile&id=1375138383 . atau di http://twitter.com/arininezious . Dikit promosi ga papa ya hehe. Hmm saya kira cukup perkenalannya biar saya bisa langsung membahas tema kali ini.

Kali ini saya diberi tugas untuk memberikan pendapat tentang Kebudayaan di Indonesia. Kalau dibilang Indonesia memiliki sangat banyak kebudayaan tentu saja itu benar. Kenapa saya bisa bilang begitu?? Ini karena Indonesia berada diantara 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudera (Pasifik dan Hindia) dan itu sangat mempengaruhi kebudayaan yg masuk ke Indonesia maupun yg keluar. Semua bisa dilihat dari banyaknya suku, agama dan ras yg ada di negara kita. “Bhineka Tunggal Ika” itu yg mencerminkan negara kita. Walau beda tetap satu jua. Bisa anda lihat dari peta tersebut :

“Tak kenal maka tak sayang” itulah pepatah yg bisa mewakilkan jika orang belum mengenal Indonesia maka dia tidak tahu betapa kayanya budaya yg ada di Negara Indonesia ini. Tapi apakah kita sebagai Bangsa Indonesia sudah mengerti dan tahu apa artinya Kebudayaan bagi negara kita?? Menurut saya BELUM. Kenapa?? Karena kurangnya pengetahuan dan rasa ingin tahu diantara kita untuk mengenal lebih dalam tentang negara kita sendiri. Ini juga yg memicu berbagai hal yg tidak kita inginkan. Seperti kasus pengklaiman hasil budaya kita oleh “negara tetangga” kita itu tuh. Sudah terlalu banyak dan terlalu sering mereka memanfaatkan kelemahan kita di bidang ini. Dari sini lah seharusnya kita sama-sama membenahi masalah pertahanan baik dibidang militer maupun dibidang kebudayaan. Bukan cuma pemerintah yg harus ‘dibenahi’ tapi semua elemen masyarakat juga.

Mohon maaf jika ada perkataan saya ada yg salah. Cukup sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum..

0 komentar:

Posting Komentar